Pages

Selasa, 20 Maret 2012

Cara Sederhana Memperbaiki Printer Canon Pixma IP 1800 - 2770

Anda mempunyai printer canon pixma IP 1800 series dan IP 2770 tiba-tiba tidak bisa mencetak, jangan terburu-buru membawa ke tukang service kadang permasalahannya hanya sepele dan anda harus membayar ongkos perbaikannya sesuai harga standar service (mending perbaiki sendiri lumayan duitnya untuk makan bakso hehe).  Umumnya printer akan timbul masalah jika kita sudah refill tinta (isi ulang katrid).  Berikut adalah tips analisa trouble dan solusinya jika printer canon ngadat:
  1. Coba cetak 1 lembar kemudian lihat di monitor anda dan baca petunjuknya (printer kalau  gagal mencetak akan memberitahu solusinya dalam bahasa inggeris) nah terjemahkan saja dan ikuti perintahnya (yang paling sering terjadi adalah kira-kira begini terjemahnya : katrid anda telah dilepas .....tekan OK). nah bila ada peringatan seperti itu anda tinggal klik OK.
  2. Kemudian yang paling sering terjadi (canon IP 1800, 1900, 2770) printer tidak bisa mencetak dan lampu warna orange kedap kedip sebanyak 5x (hitung benar-benar ya jumlah kedipnya yaitu 5x orange setelah itu 1 x hijau dst).  Peringatan yang muncul terjemahnya lebih kurang seperti ini : tekan tombol resume 5 detik (tombol resume yang berada dibawah tombol on/off). Tuh anda cuma disuruh tekan tombol resume  cuma 5 detik lagi masa harus bayar 2-3 mangkok bakso ck..ck..ck...  Ini sering terjadi lho pada orang kebanyakan.
  3. Lampu orange kedap kedip 7x, 9x atau 15x, nah kalau yang ini baru agak berat, coba lepas katrid (yang baru direfill, jika keduanya direfill lepas keduanya) cara ini kadang-kadang bisa mengatasi. Setelah katrid dilepas off kan printer, bersihkan chip (yang letaknya disamping depan katrid) jika basah atau kotor karena tintah pakai tissue.  Periksa konector katrid di dalam printer jika kotor bersihkan pakai alkohol 90% dengan kuas kecil (ingat keringkan dulu baru katrid dipasang).  Setelah itu pasang katrid (IP 1800 - 1900 pasang katrid dengan tekanan yang agak kencang). Jika langkah tersebut telah dilakukan tidak terjadi perubahan, berarti katrid harus diganti (katrid yang rusak aja lho).   Ada cara lain tapi saya tidak rekomendasikan untuk umum karena hanya bisa dilakukan oleh orang yang terlatih.
  4. Jika lampu on nyala dan perintah mencetak bisa tapi kertas tidak bisa masuk atau bisa masuk tetapi keluarnya kertas rusak, sobek dan kumal.  Coba anda periksa bagian dalam printer umumnya ada benda yang nyangkut di dalamnya. Lepas semua kabelnya dibalik-balikan saja.  Jika tetap tidak bisa lepas semua casing printer (insyaallah nantinya saya akan posting tersendiri cara membongkar casing printer).  Kalau tidak ada benda yang nyangkut di dalam berarti roller kertas/encoder vertikal yang patah (maaf kalau ini terpaksa dibawa ke tukang service kecuali anda mempunyai part cadangan/kanibal). 
  5. Printer bisa mencetak tapi hasil cetakan miring karena keluarnya kertas tidak tepat vertikal.  Jika ini yang terjadi berarti besi roller /encoder horizontal kotor, coba buka cover printer disana ada batangan besi bulat diameter lebih kurang 7mm memanjang. Bersihkan debu-debu atau benda kecil lainnya yang menempel dengan kuas yang agak keras.  Supaya semua permukaan bisa dibersihkan mati hidupkan printer kemudian bersihkan.                                                                                                                                                      


    Sekian dulu postingan saya insyaallah dalam waktu dekat saya akan posting lagi bagaimana memelihara printer supaya awet dan tips isi ulang tinta yang baik semoga postingan ini memberikan manfaat. 
    Jika anda tertarik mendalami ilmu komputer tanpa kursus 
      

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar