Pages

Minggu, 11 Maret 2012

Membersihkan Virus Bandel di Flashdisk

Flashdisk adalah media paling mudah terkena virus dan menyebarkannya ke komputer lain.  Membersihkan flashdisk dari virus gampang-gampang susah, gampang bagi ahlinya tapi susah bagi yang awam.  Tips disini lebih ditujukan kepada yang awam.  

Ada sebagian orang beranggapan efektivitas anti virus tergantung merk dan free atau pro, mungkin ada benarnya tapi pengalaman saya yang suka gratisan tidak masalah antivir merk ini atau itu (entah kalau yang pro, maaf belum pernah coba he..he..he..).  Menurut saya antivir free tidak menjadi masalah yang penting update sesuai jadwal (saya sering menggunakan avira free update tiap 3-7 hari komputer aman-aman saja).

Pernah saya membersihkan flashdisk teman mula-mula dengan avast free + smadav free, pemberitahuannya flashdisk clean. Iseng saya cleaning menggunakan avira ternyata tetap terdetect ada virus demikian juga sebaliknya.  Mulanya saya berpikir ini adalah jenis virus yang tidak bisa dihapus dengan antivir tersebut.  Akhirnya saya buka flashdisk dengan program LINUX dan ternyata virusnya memang masih banyak sekali. Setelah dicoba kembali scaning berulang-ulang tetap ada virus yang tersisa.  Ditengah-tengah rasa putus asa + jengkel terlintas satu analisa, saya bergegas membuka flashdisk melaui program LINUK dan saya buka folder demi folder satu-satu. Analisa saya semakin menguat kesalahannya adalah CARA MENYIMPAN DATA. Teman saya menyimpan data dengan folder yang berlapis-lapis (4-5 folder berlapis).

OK saya mulai bereksperimen : data saya urai menjadi folder tanpa ada folder lagi di dalamnya.  Flashdisk saya scaning dengan avira free hasilnya Yap flashdisk CLEAR.  Data-data yang disembunyikan oleh virus saya kembalikan  dengan antivir SMADAV.  Bagi yang belum tahu cara scaning Avira berikut langkah-langkahnya:
Buka program avira akan muncul gambar seperti ini :

Klik lokal protection


Klik My Computer 


Conteng semua kotak


Klik kanan my computer + start scan


Selesai scan klik administration blok semua file (tekan shift + panah ke bawah) karantina dan klik delete object.


Demikian tips sederhana membersihkan virus di flashdisk semoga memberikan manfaat.


Jika anda tertarik mendalami ilmu komputer tanpa kursus 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar